Senin, 07 Mei 2012

organisasi kantor ^-^

Organisasi barasal dari istilah Yunani organon dan istilah latinnya organum yang dapat diartikan alat, bagian, anggota, atau badan. organisasi dapat didefinisikan sebagai berikut yakni :
  • organisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai beberapa tujuan tertentu
  • organisasi bagan atau struktur atau bisa dikatakan perkantoran adalah gambaran secara skematis tentang hubungan-hubungan, kerja sama dari orang-orang yang terdapat dalam rangka usaha untuk mencapai suatu tujuan.
organisasi formal, sebenarnya tidak lain dari pada organisasi statis, yaitu suatu sistem kerja sama yang dapat dilakukan oleh dua orang atau lebih dan dikoordinasi dengan sadar untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
organisasi informal merupakan kumpulan hubungan antar perorangan tanpa tujuan bersama yang disadari meskipun pada akhirnya hubungan-hubungan yang tak disadari itu untuk tujuan bersama. ada beberapa ciri organisasi diantaranya yakni :
  • adanya sekelompok orang
  • kerjasama atau pembagian kerja
  • tujuan bersama
dalam organisasi formal ketiga ciri itu ada, di mana hubungan-hubungan dan tujuan bersamaditetapkan secara rasional. sedang dalam organisasi informal ketiga ciri itu ada, namun hubungan-hubungan itu dipengaruhi oleh perasaan dan tujuan bersama yang tidak jelas. dalam suatu organisasi formal, tiap unsur organisasi mempunyai kedudukan, tugas dan beberapa fungsi-fungsi yang tegas, sedangkan dalam organisasi informal, kedudukan, tugas serta fungsi-fungsinya itu nampaknya kabur.
Bila mana kita melakukan sebuah aktivitas, yang paling awal yang yang harus jelas adalah apa yang menjadi tujuan aktifitas kita tersebut. demikian pula bila kita mengorganisasi atau membuat suatu badan, maka yang pertama-tama harus jelas apa yang menjadi tujuan kita. tujuan adalah halit-hal yang ingin dicapai atau dipelihara baik berupa materi atau non materi dengan melakukan satu atau lebih kegiatan (aktivitas).
Bagi suatu badan perkantoran, tujuan itu akan berperan sebagai :
  1. Pedoman ke arah mana organisasi itu akan dibawa
  2. Landasan organisasi yang bersangkutan
  3. Menentukan macam aktivitas yang akan dilakukan
  4. Menentukan program, prosedur, KISS ME ( Koordinasi, Integrasi, Simpliklasi, Sinkronisasi, dan Mekanisasi)

1 komentar: